Student Profile

RESILIENT
Keimanan, keislaman dan keikhsanan harus ditanamkan kepada para murid sejak dini agar dia mampu menjadi insan yang cerdas, optimis dan mampu bekerja dan beramal. Keimanan harus memancar kepada optimisme hidup, dan semangat kerja yang ulet dan beribadah yang berkualitas.
Keislaman menegakkan kesalehan hidup, kesosialan yang bermartabat dan kemampuan mengendalikan diri sehingga mampu ; tahu diri, mampu menempatkan diri, dan mampu membawakan diri di tengah-tengah masyarakat dan bangsanya.
Keikhsanan akan membawa pada keberhasilan hidup di dunia dan di akherat sesuai dengan fungsinya sebagai abdi Allah dan khalifah fill ardh. Dengan demikian pendidikan di Nizamia Andalusia berusaha mendidik murid-muridnya :

  • Tahu diri sebagai makhluk Allah.
  • Tahu menempatkan diri ditengah kehidupan masyarakat dan banhsanya, dan
  • Tahu membawakan diri di tengah pergaulan yang luas.
  • Ketiga tahu diri akan membentuk kemandirian dan ketangguhan hidup mereka di masa mendatang.

INQUIRER
Para murid diharapkan akan menjadi cendikiawan yang mampu mengamati dan memaknai tanda tanda Illahiah yang alami maupun sosial sehingga akan mampu menjadi insan yang kuat aqidahnya, benar ibadahnya, dan mulia akhlak atau budi pekertinya. Mereka sadar bahwa kehidupan itu bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat dan sadar bahwa kehidupan di SANA adalah cerminan dari kehidupan di SINI.

CRITICAL THINKER
Sebagai calon cendikiawan para murid harus selalu bertanya: apa, mengapa, dan bagaimana untuk mengerti dan memahami semua masalah dan gejala kehidupan yang dirasakan sebagai ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan untuk mencapai keselamatan, perdamaian dan kesejahteraan dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan kemanusiaan. Sikap hidup yang dilandasi keimanan yang kuat, keislaman dan keikhsanan akan selalu inovatif dan melihat hari esok lebih baik daripada hari sekarang.

GOOD COMMUNICATOR
Pendidikan dan pengajaran juga diarahkan agar anak didik selama dan setelah lulus akan mampu membina komunikasi antar umat dalam hubungan sebagai makhluk sosial yang beradab. Komunikasi juga harus dilandasi untuk mencari kesepakatan memahami dan menyelesaikan masalah dalam kondisi dan semangat musyawarah untuk mufakat (demokrasi)

LONG LIFE LEARNER
Para siswa, guru, karyawan dan pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan diajarkan dan di dorong menjadi pendengar yang baik, karena hanya dengan diam dan mendengar insya Allah rahmat Tuhan akan senantiasa tercurah kepada kita semua. Bangunan hidup yang akan kita bangun adalah bangunan yang berlandaskan keimanan dan berpilarkan keislaman dan dilaksanakan dengan semangat keikhsanan.