FIELD TRIP SEAMEO BIOTROP APRIL 3rd 2018

Tanggal 3 April 2018 lalu, SD Nizamia Andalusia mengadakan field trip ke SEAMEO BIOTROP  yang terletak di Bogor, Jawa Barat.  Siswa yang berangkat  Field Trip  ini merupakan siswa Grade  4 SD Nizamia Andalusia, Sebanyak 110 Siswa dari 5 Kelas. Penanggung jawab acara ini adalah Bu Rika, beserta para guru Grade 4.        

Gambar 1. Para Siswa di beri Pengarahan .

Perjalanan dimulai dari SD Nizamia Andalusia pada pukul 8.30 WIB menggunakan 5 bus. Perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Para siswa sampai di lokasi  pada pukul 9.30 dan langsung dibagi menjadi 4 kelompok dan diberi pengenalan dan penjelasan apa sih SEAMEO BIOTROP itu. 

SEAMEO BIOTROP  merupakan salah satu dari 18 pusat (centres) di bawah SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) yang berpusat di Bangkok, Thailand. Organisasi ini kerja sama antar Negara ASEAN untuk mempromosikan  dalam bidang pendidikan , sains dan budaya.

Gambar 2 BIOTROP

 Setelah para siswa dijelaskan apa itu SEAMEO BIOTROP dan lainnya, kemudian setiap kelompok mengunjungi 6 lokasi, lokasi-lokasi yang dikunjungi para siswa antara lain :

  1. Entomologi

Lokasi pertama di SEAMEO BIOTRIP yang di kunjungi adalah Entomologi. Di tempat ini para Siswa belajar dan mengetahui mengenai jenis-jenis  serangga yang bermanfaat dan merusak tumbuhan. Serangga semacam lebah yang yang bermanfaat dalam proses penyerbukan tanaman hingga kutu yang merusak  beras dijelaskan secara rinci kepada para siswa.

Gambar 3. Siswa sedang dijelaskan oleh kakak pembimbing

Gambar 4. Siswa sedang dijelaskan tentang Entomologi

  1. Pengomposan

Lokasi selanjutnya yang di kunjungi para siwa yaitu Tempat Pengomposan. Di tempat ini para Siswa memperoleh pengetahuan bagaimana cara mendaur ulang sampah daun yang biasa siswa temui di rumah, di sekolah, dan di jalan. Para siswa mempelajari step by step bagaimana cara mengolah sampah daun tersebut hingga menjadi kompos, yang nantinya kompos tersebut bermanfaat kembali bagi tanaman.

Gambar 5. Bapak Pembimbing menjelaskan Teknik Pengomposan menggunakan daur ulang sampah daun

 

Gambar 6. Penjelasan Teknik Pengomposan

  1. Aquaponik

Berikutnya lokasi yang dikunjungi  oleh siswa adalah Aquaponik. Di lokasi ini siswa mempelajari bagaimana cara budidaya ikan dan sayur-sayuran secara bersamaan. Dengan konsep “Simbiosis Mutualisme” kakak – kakak pembimbing menjelaskan kepada para siswa bagaimana bisa ikan dan tumbuhan saling memeberi manfaat satu sama lain. Intinya,   hasil proses metabolisme yang dikeluarkan oleh ikan akan mengendap dan bercampur dengan air, kemudian air yang bercampur dengan hasil metabolisme ikan  ini akan dialirkan ke tanaman yang sudah pasti sangat bermanfaat  bagi tanaman tersebut sebagai pengganti pupuk. Nah sebagai gantinya tanaman tersebut mengalirkan air bersih kepada ikan melalui proses  filterisasi.

Gambar 7. Kakak Pembimbing Menjelaskan Teknik Aquaponik

Gambar 8. Kakak Pembimbing Menjelaskan Teknik Aquaponik

  1. Hidroponik

Lokasi selanjutnya siswa dibawa oleh kakak pembimbing menuju Green House atau rumah kaca. Ditempat yang cukup panas ini siswa diberi ilmu metode lain dalam bercocok tanam, yaitu menggunakan teknik hidroponik, yaitu teknik menanam namun tidak menggunakan media tanah seperti biasa. Teknik hidroponik ini menggunakan  sponge  sebagai medianya, yang selalu teraliri oleh air.

Gambar 9. Penjelasan tentang Hidroponik

Gambar 10. Siswa Mendengarkan Instruksi Kakak Pembimbing

  1. Budidaya Jamur

Setelah dari Green House kemudian siswa diajak oleh pembimbing menuju lokasi Pembudidayaan Jamur. Di tempat ini Siswa diberi penjelasan bagaimana cara budidaya jamur, dari awal membuat media hingga cara memanen. Siswa juga berkesempatan praktek bagaimana cara membuat media tanam untuk membudi dayakan jamur. Di sini juga setiap siswa & siswi diberi media tanam, beserta bibit jamur tiram yang bisa di budi dayakan oleh setiap siswa dan siswi dirumah masing-masing, sesuai dengan penjelasan  yang diberikan oleh instruktur.

 

Gambar 11. Penjelasan Cara Budidaya Jamur

Gambar 12. Para Siswa Praktek Membuat Media Tanam Jamur

Gambar 13. Para Siswi Praktek Membuat Media Tanam Jamur

  1. Kultur Jaringan

Pada akhirnya, para siswa menuju lokasi terakhir tour ini. Setelah berpanas-panasan, para siswa mengunjungi laboratorium kultur jaringan yang tempatnya cukup nyaman dan sejuk. Ditempat ini para siswa dijelaskan teknik lain cara bercocok tanam dengan cara mudah dan menghasilkan lebih cepat dengan menggunakan teknik  kultur jaringan.

Gambar 14. Siswa Berada Di Laboratorium Kultur Jaringan

Gambar 15. Contoh Kultur Jaringan

 Setelah setiap kelompok selesai mengunjungi 6 lokasi dan memperoleh ilmu yang diperoleh dari hasil setiap kunjungan yang sudah pasti bermanfaat bagi para siswa ,  selanjutnya seluruh kelompok yang mengikuti  field trip ini melakukan sesi foto bersama.

   Gambar 16. Para Siswa Beserta Guru Berfoto Bersama

Kemudian para siswa kembali ke SD Nizamia Andalusia pada pukul 12.00 dan tiba pada pukul 13.00 WIB.

Informasi tentang SEAMEO BIOTROP lebih lengkap bisa mengunjungi website  www.biotrop.org

FOTO SELENGKAPNYA >>>>>