Fieldtrip Taman Wisata Lebah Cibubur, Grade 1 20180410

Lebah . . . . jika mendengar nama hewan ini pasti yang terlintas adalah hewan kecil berjenis serangga, yang hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain, untuk menghisap sari bunga dan menghasilkan madu.

Mengutip dari Firman Allah SWT  dalam AL-Qur’an Surat An-Nahl ayat 68-69 :

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.”

Dari ayat diatas sudah jelas lebah secara khusus di perintah oleh Allah SWT agar bermanfaat bagi manusia, dengan menghasilkan madu. Sungguh betapa special nya hewan kecil yang satu ini.

 Nah, tanggal 10 April 2018 siswa grade 1 Nizamia Andalusia School, mengunjungi Taman Wisata Lebah, Cibubur untung melihat lebih dekat teman kecil kita yang satu ini, ya lebah.

Siswa akan mengetahui lebih mengenal lebih dekat apa sih lebah itu ? , bagaimana mereka mencari makan ?, bagaimana mereka  membuat sarang?, bagaimana mereka menghasilkan madu ?  dan lain sebagainya yang berhubungan dengan lebah.

Berangkat dari sekolah jam 8.30, sebanyak 110 siswa dari 5 kelas grade 1 ini dengan semangat mengunjungi teman kecil kita  yang baik satu ini ( klo tidak diganggu lho.. 🙂 ).

Sesampainya dilokasi siswa langsung di perkenalkan edukasi profile dari lebah, biar  saat bertemu si lebah siswa langsung bisa akrab dengan  si lebah.

 

Setelah siswa diberikan edukasi tentang lebah, selanjutnya siswa di ajak bertemu secara langsung dengan si lebah. Disini siswa diperkenal kan jenis- jenis lebah dari lebah ratu, lebah jantan , dan lebah pekerja. Dengamenggunakan pelindung siswa bisa lebih dekat dengan lebah, bahkan diperbolehkan memegang lebah.

Setelah itu, siswa dipersilahkan minum air madu. Semoga setelah mengenal lebah lebih dekat siswa dapa mengetahui betapa bermanfaatnya lebah ini, dan bisa mencontoh  cara hidup lebah yang bermanfaat bagi diri siswa, dan orang disekitarnya.

SEE MORE PHOTOS >>>