Kindergarten F.A.Q.


Apakah sekolah Nizamia Andalusia akan pindah pada tahun 2014 ?
Ya, sekolah Nizamia Andalusia akan pindah pada tahun 2014.

Dimanakah alamat sekolah Nizamia Andalusia yang baru ?
Alamat Jalan Raya Mabes Hankam No. 15-16 Bambu Apus – Jakarta Timur.map nizamia TMII
Apakah gedung sekolah yang baru telah siap pada saat tahun ajaran 2014-2015 ?
Gedung sekolah yang baru sedang dalam proses pembangunan. Timeline proses pembangunan sebagai berikut: 
timeline black smallProgress Report akan kami informasikan per dua bulan melalui gambar, timeline, piechart, serta FAQ tambahan. (Jika ada)

Kapan gedung baru tersebut selesai dibangun ?
Sesuai rencana gedung tersebut akan selesai 100% pada April 2014. Kami perkirakan bangunan benar-benar akan siap pada Juni 2014. Dan sesuai Kalender Akademik tahun ajaran 2014-2015 maka libur akhir tahun ajaran 2013-2014 dan liburan lebaran akan berdekatan, sehingga siswa akan efektif masuk pada Agustus tahun 2014.

Bagaimana akses menuju kesana ?
Akses menuju ke lokasi sekolah yang baru cukup mudah karena posisinya yang strategis, dan “contra traffic flow” sehingga terhindar dari macet.

  1. Dari arah selatan silakan masuk ke jalan tol lingkar luar kemudian keluar pada pintu tol Bambu Apus I.
  2. Dari Cibubur, Bekasi dan sekitarnya hanya keluar pada pintu tol Bambu Apus I.
  3. Dari pintu Utama Taman Mini maksimal 5 menit.

Apa saja fasilitas yang akan diberikan pada gedung sekolah baru ?
Fasilitas yang akan diberikan adalah sebagai berikut: Library, auditorium (pada tahun 2014 masih difungsikan sebagai lapangan olahraga), language and science lab, health clinic, mushola, amphi theater, swimming pool, shower room, toilet, computer room, music room,waiting room, teachers room, parent association room, playground.

Apakah ada shuttle bus atau antar jemput ?
Kami menyediakan antar jemput untuk para siswa yang telah mengikuti antar jemput, sedangkan untuk siswa yang baru kami sediakan shuttle bus dengan 2 ( dua ) titik meeting point yaitu area Kebayoran Baru (lokasi TK Nizamia Andalusia lama – Jalan Prapanca) dan area Warung Buncit (Masjid Assalafiyah). Table simulasi waktu kedatangan dan keberangkatan Shuttle Bus dapat dilihat di website sekolah.

Bagaimana sistem shuttle bus tersebut dan bagaimana dengan biayanya ?
Shuttle bus akan dipergunakan untuk antar dan jemput dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan. Biaya yang ditetapkan merupakan biaya pengganti operasional Shuttle Bus. Biaya pengganti tersebut Rp. 300.000,00 – Rp. 400.000,00. Pada saat beroperasi, di dalam Shuttle Bus didampingi oleh bus mom / bus dad. (Estimasi Jadwal Keberangkatan Shuttle Bus TK). Peserta Shuttle Bus hanya siswa TK A dan TK B, dan untuk 6 bulan pertama tahun ajaran 2014/2015 diberikan secara gratis.

Apa saja tes masuk siswa yang akan dilaksanakan ?

  • Observasi Kelas

Kegiatan observasi kelas bertujuan untuk mengetahui kemampuanawal siswa dalam hal kemampuan dasar skolastik, kematangan emosi, ketrampilan sosial, kemampuan kebahasaan (Indonesia & Inggris), dan ketrampilan motorik.

  • Interview Orang Tua

Kegiatan wawancara bertujuan untuk mengetahui latar belakang keluarga calon siswa baru. Pola asuh orang tua di rumah, pola makan, bakat/potensi yang menonjol atau kebiasaan yang diterapkan di rumah, serta bentuk kerja yang disepakati Antara pihak sekolah dan orang tua.

Bagaimanakah pengelompokkan usia siswa di TK Nizamia Andalusia?
Untuk siswa kelas

  1. Toddler       :berusia 1 tahun 10 bulan, max. kelahiran 30 September
  2. Playgroup :berusia 2 tahun 10 bulan, max. kelahiran 30 September
  3. TK A             :berusia 3 tahun 10 bulan, max. kelahiran 30 September
  4. TK B             :berusia 4 tahun 10 bulan, max. kelahiran 30 September

 

Bagaimana dengan jam sekolah di lokasi baru ?
Hari sekolah adalah Senin – Jumat, sedangkan hari Sabtu libur :
Toddler dan Playgroup :              09.00 – 11.00
TK A dan TK B                    :              08.30 – 12.00

Kurikulum apa yang dipergunakan ?
Mengacu kepada Kurikulum Nasional dan pengayaannya, menerapkan lima kelompok mata pelajaran; agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, dan pendidikan jasmani. Sedangkan pada level taman kanak-kanak menstimulasi aspek-aspek perkembangan yang terdiri dari: agama dan moral, daya pikir / kognitif, bahasa, sosial emosional, seni, dan fisik motorik Memadukan aqidah, kepatuhan dan pengamalan dalam sikap beragama, dengan kemampuan kemandirian hidup dan rasa kebangsaan dalam pendidikan dan metode belajar mengajar. Penerapan pendidikan musik etnik merupakan bagian dari pengayaan kurikulum, dimana anak dibangun rasa kebangsaan melalui pelajaran musik tradisional yang harus dilestarikan, seperti: gamelan jawa dan perkusi tradisional (tim) dan angklung.

Selain pelajaran yang sudah ada, apakah ada kegiatan lain yang berhubungan dengan pelajaran?
Ya ada, berupa kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan setelah jam pelajaran selesai dengan pilihan program antara lain Iqro, Dance, Drawing, Taekwondo dan Smarty Ants. Untuk ekstrakurikuler dikenakan biaya yang besarnya tergantung program yang dipilih.

Apabila pembangunan belum selesai 100% dan masih ada tahap penyelesaian, bukankah kegiatan belajar mengajar akan terganggu?

  1. Prioritas pembangunan kami adalah gedung B dan gedung C (TK dan SD). Sedangkan gedung A (Auditorium) untuk tahap ini akan  diprioritaskan sebagai lapangan olah raga.
  2. Parkir basement berada di bawah lapangan Basket.
  3. Semua gedung dalam kondisi dua lantai. Sehingga diharapkan ketertundaan pembangunan diminimalisir, sedangkan jika memang ada penundaan, akan di gedung A (basket hall). Ruang kelas di gedung B dan C diprioritaskan untuk selesai.