Merangsang Otak Kanan dan Otak Kiri Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk merangsang otak kiri dan otak kanan anak :

Bercerita atau Story Telling

Dalam merangsang otak kanan dan otak kiri pada anak kali ini Anda dapat membacakan topik tertantu kemudian anak diminta  membayangkan suatu tempat atau benda. Bisa dengan cara mendongeng setelah itu anak dapat menceritakan apa yang anak lihat atau dibayangkan dari suatu benda, tempat, atau makhluk, atau hal apa saja yang anak lihat atau temukan di tempat itu. Kemudian, minta anak untuk menggambarkan apa yang didapatkannya dari cerita tersebut di atas kertas.Misalnya, Anda sebagai orang tua menceritakan keadaan di kebun binatang. Tentang keadaan, jenis, warna binatang dan semua hal yang ada disana. Setelah itu, anak ditugaskan menggambar sesuai cerita yang baru saja disampaikan, Biarkan anak berimajinasi seperti menggambar binatang sesuai rekaannya.

Melihat Langsung Benda yang Akan Dilukis

Dalam merangsang otak kanan dan otak kiri pada anak secara tidak langsung anak bisa mengamati secara detail objek yang akan digambarnya. Dengan demikian, anak mendapatkan gambaran benda secara nyata dan tidak ada salah saat menggambar objek tersebut. Kalo anak hendak menggambar alam di pegunungan, contohnya ajak anak jalan-jalan melihat pegunungan dan minta agar dia mengamati alam sekitarnya. Dari situ anak dapat melihat bagaimana warna asli gunung, pepohonan, batu-batu, sungai atau sawah.

Perlihatkan Gambar atau Foto

Tentunya tak semua objek yang akan digambar bisa diperlihatkan wujud aslinya, entah karena objeknya benar-benar sudah tidak ada, seperti dinosaurus atau tempatnya terlalu jauh untuk ditempuh,.Nah, untuk mengatasi keterbatasan tersebut, tidak ada salahnya jika objek tersebut dikenalkan lewat gambar atau foto di buku Untuk dalam merangsang otak kanan dan otak kiri pada anak   dan mengasah nuraninya, tidak ada salahnya gambar di lengkapi dengan keterangan yang ditulis sendiri olehnya jika memang ia sudah mampu melakukannya.