Middle Curriculum

Nizamia Andalusia Middle School Curriculum

Struktur kurikulum SMP Nizamia Andalusia meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun, mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Mata pelajaran terdiri dari mata pelajaran wajib, muatan lokal dan pengembangan diri. Pendidikan kecakapan hidup yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik atau vokasional juga dikembangkan di SMP Nizamia Andalusia yang terintegrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

Selain menggunakan kurikulum nasional SMP Nizamia Andalusia juga menggunakan Kurikulum Kekhasan (Cambridge). Kurikulum Cambridge ini diadaptasi sebagai enrichment curriculum dalam mata pelajaran Math, Science (Chemistry, Physics, Biology) dan English. Pelaksanaan Cambridge Checkpoint Test akan diselenggarakan pada semester awal kelas 9.

  1. Muatan kurikulum :

    Mata pelajaran wajib yang diselenggarakan di SMP Nizamia Andalusia terdiri atas mata pelajaran sebagai berikut ini :

    1. Pendidikan Agama Islam
      bertujuan agar perserta didik :

      1. Menumbuh kembangkan aqidah melalui pengamalan, pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
      2. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

    2. Pendidikan Kewarganegaraan
      Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan :

      1. berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
      2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi.
      3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
      4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain daam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

    3. Bahasa Indonesia
      Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

      1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
      2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ersatuan dan bahasa Negara.
      3. Memahami bahasa Indonesia dengan menggunakannya dengan tepa dan kreatif untuk berbagai tujuan.
      4. Menggunakan baahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
      5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
      6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai Khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

    4. Bahasa Inggris
      Bertujuan agar peserta didik memliki kemampuan sebagai berikut :

      1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional.
      2. Memiliki kesadaran tentang hakkat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
      3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara baahasa dengan budaya.

    5. Matematika
      Tujuan :
      Memberikan pemahaman ogika dan kemampuan dasar Matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
    6. Ilmu Pengetahuan Alam
      Tujuan :
      Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik untuk menguasai dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK.
    7. Ilmu Pengetahuan Sosial
      Tujuan :
      memberikan pengetahuan sosiokultural masyarakat yang majemuk mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki keterampilan hidup secara mandiri.
    8. Seni Budaya
      Tujuan :
      Mengembangkan apresiasi seni, daya kreas, dan kecintaan pada seni budaya nasional.
    9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
      Tujuan :
      Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olah raga, menanamkan rasa sportifitas, tanggung jawab disiplin dan percaya diri pada pesera didik.
    10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
      Tujuan : Memberikan keterampilan dalam bidang teknologi informatika dan komunikasi yang sesuai dengan bakat dan minat peserta didik.
  2. Muatan Lokal

    Muatan Lokal yang diselenggarakan d SMP Nizamia Andalusia adalah sebagai berikut :

    1. PLKJ (Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta)
    2. Bussines Studies (Kewirausahaan), disampaikan dalam bahasa Inggris.
    3. Thafidz

    Tujuan kurikulum muatan lokal secara umum adalah memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sesuai denga nilai/aturan yang berlaku di daerahnya dan mendukung pelestarian pembangunan daerah serta nasional.

    Secara khusus mata pelajaran PLKJ, Business Studies, dan Tahfidz bertujuan agar peserta didik menjadi akrab dan terhindar dari keterasingan terhadap lingkungannya sendiri, diharapkan dapat memperkuat perekonomian Indonesia dan memebantu orang tuanya dan menolong dirinya sendiri dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, lebih mengenal dan menghargai lingkungan alam dan sosial budaya yang terdapat di daerahnya, meningkatkan pengetahuan mengenai daerahnya, dapat menjadika Quran sebagai pedoman hidupnya dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sekitarnya.

  3. Target hafalan surat dalam Quran peserta didik dari kelas 7 – kelas 9 adalah surat-surat pilihan yang terdapat dalam tabel di bawah ini.

    No. Kelas Surat Juz Keterangan
    1 VII Al Waqi’ah 27 96 ayat
    Ar Rahman 27 78 ayat
    Al Fath 26 29 Ayat
    Al Muzammil 29 20 ayat
    2 VIII Al Mulk 29 30 ayat
    Yassin 22 83 ayat
    Al Mudatsir 29 56 ayat
    Al Jumu’ah 28 11 ayat
    3 IX Al Kahfi 15 110 ayat
    Al Munafiqun 28 11 ayat
    Muhammad 26 38 ayat
    Al Hadid 27 29 ayat
  4. Pengembangan Diri

    Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan dalam berbagai ativitas, misalnya bentuk kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler.

    1. Pengembangan Diri Terprogram

      1. Kegiatan Intrakurikuler

        1. Pramuka
        2. Fashion Design
        3. Pencak Silat
      2. Kegiatan Ekstrakurikuler

        1. Futsal
        2. Bahasa Arab
        3. Broadcasting
        4. Robotic
      3. Bimbingan Konseling

        1. Layanan Individual (Konsultasi)
        2. Layanan Kelompok (di Kelas)
    2. Pengembangan Diri Tidak Terprogram

      1. Rutin

        1. Piket Kelas
        2. Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah, shalat jum’at dan Tadarus Qur’an
        3. Berdoa sebelum dan sesudah KBM
        4. Kultum setiap selesai Sholat Dhuha oleh siswa

      2. Spontan

        1. Memberi dan menjawab Salam
        2. Meminta saaf
        3. Berterima sasih
        4. Mengunjungi srang sakit
        5. membuang sampah pada tempatnya
        6. menolong orang yang sedang susah
        7. Melerai Pertengkaran

      3. Keteladanan

        1. Performa Guru
        2. Mengambil sampah yang berserakan
        3. Berbicara yang sopan
        4. Mengucapkan Terima Kasih
        5. Meminta maaf
        6. menghargai pendapat orang
        7. menerima perbedaan pendapat
        8. mendahulukan kesempatan kepada yang lebih tua

Pengembangan diri bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai positif pada diri peserta didik. Nilai-nilai yang dimaksudkan misalnya: disiplin, kerja sama, rasa kebangsaan, toleransi, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, jujur, senang membaca, sportifitas, kerja keras, cinta damai, komunikatif, demokratis, tekun. kepemimpinan, mandiri dan cinta tanah air.