Jl. Mabes Hankam No. 15 – 16 Bambu Apus – Cipayung Jakarta Timur 13890
021 – 29825775/29825776 | WA Only 0877-3155-0045 (TK) | WA Only 0822-1155-0045 (SD) | WA Only 0877-4155-0045 (SMP)

Menu

Safety Driving Session

Safety Driving Session

Safety Driving Session

29 April 2019

Sobat Nizamia, kalian tau nggak angka kecelakaan yang tinggi di jalan raya tidak dipungkiri terjadi karena perilaku berkendara dari masing-masing pengemudi yang buruk. Dimulai dari pengendara yang ugal-ugalan, tidak memakai safety belt hingga mengemudi sambil memegang handphone. Karena begitu pentingnya memahami tata cara berkendara yang baik, maka pada hari Senin, tanggal 29 April 2019 Nizamia Andalusia School mengadakan seminar bertajuk Safety Driving Session, yaitu metode pengarahan kepada para driver Nizamia yang disampaikan oleh Bapak Anthony Ilyas dari PT Absolute Service sebagai pihak yang bekerja sama dengan Nizamia dalam seminar kali ini.

Menjadi pengemudi yang bijak sangatlah penting, maka dari itu pengemudi harus dibekali pengetahuan tentang pentingnya mengemudi dengan aman. Safety Driving merupakan cara mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan, serta waspada terhadap segala risiko yang terjadi. Dalam sesi yang berlangsung selama sekitar dua jam lebih ini, Bapak Anthony memberi banyak pengarahan kepada para driver tentang bagaimana menjadi driver yang baik. Di antaranya sebagai berikut:

 *Fokus

– Pak Anthony mengarahkan para driver untuk memastikan kondisi kendaraan telah diperiksa dan yakin semuanya dalam kondisi layak jalan, kondisi kendaraan yang siap membuat perjalanan nyaman, lancar dan pengemudi tidak stress. Ini penting sekali lho sobat.

– Di samping itu, para driver diminta tinggalkan segala masalah (mental & fisik) saat merencanakan mengoperasikan kendaraan bermotor, sesuatu terkait fisik (sakit, keseleo, dll) akan membuat keterbatasan gerak dalam mengoperasikan kendaraan. Masalah keluarga/pekerjaan/finansial yang berat akan mengurangi konsentrasi mengemudi, dan menyebabkan kualitas safety akan menurun.

– Para driver juga diupayakan dengan maksimal untuk fokus dengan tugas mengemudi, hindarkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi. Ternyata menjadi driver itu tidak gampang ya sobat.

*Mengerti

– Sobat, melihat tidak selalu linear dengan mengerti. Indikasi mengerti salah satunya, tidak mengerem mendadak, tidak melakukan manuver mendadak, tidak kaget atas kejadian yang ada dimukanya, pergerakan kendaraan walaupun tidak terlalu pelan selalu halus, bagi penumpangnya mereka merasa nyaman dikemudikan si pengemudi. Karena jika driver menyupir dengan aman, kita akan merasa nyaman.

– Yang terakhir, pada bagian mengemudi defensive, mengerti adalah tindakan antisipatif. Ketika indera mata melihat sesuatu, maka pahami objek tersebut. Semisal mata melihat anak kecil di bahu jalan 50 meter di muka, pahami ia hanya seorang anak kecil yang dapat bergerak atau memutuskan sesuatu dengan seketika tanpa berpikir panjang, bahkan menyeberang seketika melintasi badan jalan dimuka Anda tanpa menghiraukan sesuatu yang buruk dapat terjadi, ini adalah indikator mengerti.

Itulah tugas-tugas untuk jadi driver yang baik, sobat. Terkadang kita melihat apa yang mereka lakukan sangat mudah, tapi ternyata itu tidak sesimple yang kita bayangkan. Jadi, untuk sobat Nizamia yang pergi ke sekolah dan pulang ke rumah dengan menggunakan shuttle bus, ada baiknya jika mengingatkan kepada bapak driver apakah sudah memeriksa mobil atau mobil. Tidak ada salahnya jika kita saling mengingatkan demi kepentingan bersama, karena sharing adalah caring.

 

Share This: