Jl. Mabes Hankam No. 15 – 16 Bambu Apus – Cipayung Jakarta Timur 13890
021 – 29825775/29825776 | WA Only 0877-3155-0045 (TK) | WA Only 0822-1155-0045 (SD) | WA Only 0877-4155-0045 (SMP)

Menu

Artikel UN Santri

Artikel UN Santri

Di dalam Islam, menghafal Alquran merupakan amalan yang tinggi. Pelakunya mendapat derajat yang tinggi. Apalagi, dari ingatan merekalah kemurnian Alquran terus terjaga. Kendati demikian, hukum menghafal Alquran bukanlah fardhu ain, melainkan fardhu kifayah.

Menjadi seorang penghafal Alquran (hafiz) tentu tidak mudah. Karenanya, banyak yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada Muslimin yang berhasil menghafal Alquran. Berkenaan dengan itu, Alhamdulillah para santri Nizamia Andalusia School telah berhasil menghafal 4 juz Alquran seperti yang mereka lafazkan di hadapan para pembimbing mereka dalam menempuh Ujian Nasional bulan lalu.

Ke depannya, mereka ditargetkan akan menyelesaikan enam juz Alquran sebagai syarat kelulusan. Adapun banyak dalil yang menyebutkan keutamaan para hafiz, di antaranya, hadis Rasulullah dari Usman bin Affan. Beliau pernah bersabda, “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan Alquran (kepada orang lain),” hadis riwayat Imam Bukhari.

Juga hadis dari Aisyah bahwasanya Rasulullah bersabda, “Orang yang mahir membaca Alquran maka kedudukannya di akhirat ditemani para malaikat yang mulia. Dan, orang yang membaca Alquran dengan terbata-bata, ia sulit dalam membacanya, maka ia mendapat dua pahala,” hadis riwayat Muslim.

Dari Abu Musa Al Asy’ari, Rasulullah bersabda, “Perumpamaan orang yang membaca Alquran adalah seperti buah Utrujjah, rasanya lezat dan baunya juga sedap. Sedang, orang yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah kurma, rasanya manis, tapi baunya tak ada. Adapun orang fajir yang membaca Alquran adalah seperti buah Raihanah, baunya harum, namun rasanya pahit. Dan, perumpamaan orang fajir yang tak membaca Alquran adalah seperti buah Hanzhalah, rasanya pahit dan baunya juga tak sedap,” riwayat Bukhari dan Muslim.

Dengan keutamaan dan karunia luar biasa dari Allah SWT kepada para penghafal Alquran, maka Nizamia akan mendatangkan dua santri baru yang akan menempuh pendidikan di tahun ajaran baru 2019/20 ini.

Share This: