Jl. Mabes Hankam No. 15 – 16 Bambu Apus – Cipayung Jakarta Timur 13890
021 – 29825775/29825776 | WA Only 0877-3155-0045 (TK) | WA Only 0822-1155-0045 (SD) | WA Only 0877-4155-0045 (SMP)

Menu

Training Motivasi , Grade 6

Training Motivasi , Grade 6

Training Motivasi

Grade 6

 

Training Motivasi adalah sebuah program tahunan Grade 6 menjelang menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Program ini diselenggarakan dengan tujuan membangun mental dan spiritual para siswa dalam menghadapi USBN 2019. Dalam menjalankan kegiatan ini, para siswa menginap di sekolah selama dua hari, satu malam.

Itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk menjalani program ini. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah:

  • Tafakur Alam

Merupakan kegiatan yang dilaksanakan di Kebun Raya Bogor dengan harapan kita bisa mengenal lebih dekat Allah SWT. Tafakur alam juga sebagai cara mengagumi ciptaan Allah sambil meresapi makna dibaliknya sehingga kita semua mensyukuri alam semesta yang dianugerahi kepada kita semua.

 

  • Amazing Race

Ini adalah kegiatan baru dari Training Motivasi, yaitu sebuah acara permainan realitas yang diadaptasi dari serial televisi di Amerika Serikat dengan peserta terdiri dari tim-tim yang beranggotakan 2 orang yang harus sudah memiliki hubungan/relasi pribadi sebelumnya, berlomba menjelajahi dunia, berkompetisi dengan tim lainnya. Untuk Nizamia sendiri, kami mempunyai versi yang berbeda. Siswa-siswi akan mendapatkan pengalaman mengelilingi Kebun Raya Bogor dengan cara yang berbeda, contohnya seperti melatih kepercayaan diri, dan menghitung berapa langkah berjalan kaki dari titik A menuju titik B.

 

  • Santunan Anak Yatim

Pada malam hari sehabis Isya, para siswa melakukan kegiatan menyantuni anak yatim. Hadis Nabi Muhammad Saw. pun menganjurkan demikian, sebab keutamaan dan pahala seseorang yang membantu anak yatim begitu besar. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari itu mengandung keutamaan berikut:

  • Mereka yang menyantuni anak yatim akan memperoleh kedudukan tinggi di surga, dekat dengan Allah SWT.
  • Menanggung anak yatim berarti memperhatikan dan mengurusi semua kebutuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan sandang, makanan dan minuman, hingga pendidikan secara Islam.
  • Keutamaan dari hadis ini sahih pada mereka yang memberikan santunan dari harta pribadi, baik berhubungan keluarga dengannya maupun tidak ada hubungan keluarga sama sekali.

 

 

 

 

 

Di hari kedua, kegiatan dimulai saat dini hari untuk Qiyamul Lail, beribadah pada malam hari dengan mengerjakan salat-salat sunat seperti salat Sunat Taubat, Tahajjud, Witir dan lain-lain, serta amalan hingga seperti membaca Al-Quran, berzikir, beristighfar, berdoa dan sebagainya hingga selesai waktu sholat subuh.

 

Setelah itu para siswa diizinkan untuk istirahat selama beberapa waktu sebelum dimulai proses Training Motivasi pada jam 8 pagi, dan ini adalah inti dari kegiatan. Tujuan utama dari program ini mendorong para siswa untuk melakukan yang terbaik saat menghadapi ujian nasional. Semakin besar dorongan atau motivasi yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin besar dan semakin giat orang tersebut untuk berusaha mencapai tujuannya, dalam hal ini para siswa.

 

 

Setelah melakukan Training Motivasi selama beberapa jam, kegiatan ini ditutup dengan muhasabah, yang merupakan instropeksi diri untuk banyak hal yang sudah kita lakukan selama ini, apakah sudah sesuai dengan tuntunan yang sudah diajarkan dalam agama kita atau belum?! Maka, marilah kita sama-sama merenungkan ayat di bawah ini:

 

 Allah SWT berfirman,“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Hasyr:18)

Share This: