Primary Curriculum

1. Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Tujuan:

  • Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian,pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
  • Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

 

Pendidikan Kewarganegaraan

Tujuan :

  • Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menaggapi isu kewarganegaraan.
  • Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi.
  • Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
  • Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Bahasa Indonesia

Tujuan :

  • Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
  • Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara.
  • Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  • Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  • Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  • Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektua manusia Indonesia.

 

Matematika

Tujuan:

  • Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
  • Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
  • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  • Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, table, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
  • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

IPS

Tujuan:

  • Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  • Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
  • Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang mejemuk, di tingkat local, nasional, dan global.

 

Seni Budaya dan Keterampilan

Tujuan:

  • Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
  • Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
  • Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan.
  • Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

Pendidikan Jasmani, Olaharaga, dan Kesehatan

Tujuan:

  • Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
  • Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
  • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
  • Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
  • Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
  • Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
  • Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

2. Muatan Lokal

Bahasa Inggris

Tujuan:

  • Mengenalkan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.
  • Membekali siswa untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era globalisasi.

Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tujuan:

  • Memperkenalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  • Membekali siswa dalam penerapan teknologi sebagai media belajar.

 

3. Pengembangan Diri

Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas:

Kewiraan : Pramuka

Olahraga: Taekwondo,futsal,renang

Seni            : Seni Karawitan (gamelan), seni tari, seni musik dan vocal

Kegiatan Pembiasaan

1. Rutin :

Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/pengamalan ajaran Islam, yang meliputi: Sholat berjamaah, Upacara Bendera, Tadarus Al Qur’an.

2. Terprogram

Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/pengamalan ajaran Islam, yang meliputi: Kegiatan Festival Ramadhan, pelaksanaan ‘Idul Qurban.

 

Kegiatan Keteladanan

1. Pembinaan Ketertiban Pakaian Seragam Anak Sekolah (PSAS)

2. Pembinaan Kedisiplinan

3. Penanaman Nilai Akhlak Islami

4. Penanaman Budaya Minat Baca

5. Penanaman Budaya Keteladanan:

a. Penanaman Budaya Bersih Diri

b. Penanaman Budaya Bersih Lingkungan Kelas dan Sekolah

c. Penanaman Budaya Lingkungan Hijau

d. Peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup

 

Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme

a. Peringatan Hari Kemerdekaan RI

b. Peringatan Hari Pahlawan