Student Atribute

RUKUN IHSAN
(ARKANUL IHSAN)

CERMAT (ITQONUL AMAL)
Artinya kecermatan dalam beribadah atau bekerja/beramal mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian/pengawasan; tidak boleh bermalas-malasan.

DISIPLIN
Artinya tepat waktu baik sesuai dengan jadwal, maupun sesuai sunatullah; waktu malam untuk tidur dan waktu siang untuk bekerja/beramal.

TERTIB
Artinya teratur dalam arti luas, sesuai dengan aturan dan atau hukum yang berlaku.

SABAR ATAU TABAH
Artinya sabar/tabah dalam artian aktif (tidak nrimo, tapi harus dengan usaha). Sabar/tabah terkait dengan penetapan target waktu untuk mencapai keberhasilan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi dan situasi yang dihadapi.

BENAR
Artinya bekerja sejak awal harus didasarkan atas kebenaran, baik kebenaran ILLAHIAH (ajaran agama/maupun kebenaran berdasarkan HUKUM dan ADAT-ISTIADAT, atau benar dari pandangan norma susila, norma agama, norma kesopanan dan norma hukum.

IKHLAS
Artinya bekerja penuh ketulusan seperti pesan Nabi Muhammad ; Beribadahlah kepada Tuhan seakan kamu melihat Tuhan hadir menyaksikan kamu melakukan ibadah/kerja itu, atau kalaupun tidak sampai kepada penghayatan seperti itu minimal harus meyakinkan diri sendiri pada waktu bekerja/beribadah itu bahwa Allah itu melihat dan menyaksikan apa yang dikerjakan dan diperbuat. Ikhsan dapat dicapai kalau kelima rukun ihsan dikerjakan dengan baik, dan mentalitas seperti ini disebut bekerja secara ikhl